Ducati: Percuma Lanjut dengan Lorenzo

Ducati indikasikan tak hendak perpanjang kontrak Lorenzo.

Jorge Lorenzo

Jorge Lorenzo (MotoGP.com)

Masa depan Jorge Lorenzo di Ducati akan ditentukan pasca-Grand Prix Italia nanti, tetapi bos tim Italia itu mengindikasikan tidak mau lagi berlama-lama dengannya.

Lorenzo direkrut dua tahun silam dengan harapan bisa memberi gelar juara dunia. Yang terjadi, tahun lalu untuk pertama kali dalam karirnya di kelas MotoGP pembalap Spanyol itu gagal menang sekali pun selama satu musim penuh.

Direktur Sport Ducati Paolo Ciabatti malah mengatakan bahwa kondisi tahun ini bakal lebih buruk lagi.

Seandainya Lorenzo tak mampu finis “secara pantas baginya” dan gagal meraih posisi “yang dikehendaki Ducati dari pembalap sekelasnya”, maka akan percuma saja untuk memperpanjang kontrak usai 2018, kata Ciabatti seperti dilansir Crash.net.

Nasib Lorenzo memang menjadi pertanyaan usai Grand Prix Prancis, di mana dia hanya mampu finis keenam di belakang dua pembalap tim satelit Pramac Ducati. Padahal di balapan itu dia mampu memimpin hingga putaran ke-9.

“Jika chemistry-nya tidak juga berhasil sampai ke level yang kami harapkan, yaitu bertarung merebut kemenangan, maka saya kira bukan ide bagus untuk dilanjutkan,” kata Ciabatti.

“Kami dan Lorenzo memutuskan bahwa manajemen dia akan menunggu sampai setelah balapan di Mugello.”

Ciabatti menambahkan akhir musim lalu menunjukkan tanda-tanda yang cukup menjanjikan, dan hasil uji coba pramusim di Sepang juga fantastis. Di Jerez, Lorenzo mampu tampil kompetitif namun kemudian terlibat dalam tabrakan yang kemudian berdampak pada jatuhnya pembalap Ducati yang lain, Andrea Dovizioso.

Lalu Ciabatti mengulas hasil di Le Mans.

“Seperti yang dia katakan dalam jumpa pers, dia kesulitan dengan ergonomi dan posisi di atas motor, terkait bentuk tanki. Ini hal-hal yang bisa dibereskan dan kami sudah menggarap itu. Namun, pada akhirnya itu belum cukup karena dia tetap tidak bisa mengendarai motor dengan ritme yang sama sepanjang balapan penuh,” bebernya, merujuk pada sembilan putaran pertama yang sempurna lalu berakhir di posisi enam.

“Dalam MotoGP sekarang ini, dengan begitu banyak pembalap yang sangat kencang dan bisa sangat dekat dengan yang lain, Anda harus bisa tampil konsisten sepanjang balapan.”

“Dengan pertimbangan itu, apa yang bisa kami katakan adalah mari kita tunggu sampai tiga balapan pertama di Eropa, dan kemudian kita duduk bersama.”

“Kita lihat, apakah dia senang dengan motornya, apakah dia mampu bertarung merebut posisi yang layak baginya, dan juga apakah dia mampu bertarung merebut posisi yang diinginkan Ducati dari pembalap sekelas dirinya.”

“Bagi saya, percuma saJa untuk melanjutkan dan berusaha berbenah, kalau ternyata tidak ada gunanya.”

Lalu siapa pengganti Lorenzo kalau kontraknya tak berlanjut?

Peluang besar ada pada pembalap satelit Ducati, Danilo Petrucci dan Jack Miller.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s