Marquez Jatuh, Rins Menang, Dovi Puncaki Klasemen

Alex Rins

Alex Rins (MotoGP.com)

Rossi finis kedua dan juga naik ke posisi dua klasemen.

Austin – Cukup banyak drama terjadi dalam Grand Prix Amerika Serikat di Austin, Texas, dan yang paling mengemuka adalah jatuhnya Mr America, Marc Marquez, yang mengakhiri dominasinya di Circuit of the Americas, Austin, Texas.

Musibah Marquez adalah berkah bagi pembalap Suzuki Ecstar Alex Rins, yang untuk pertama kalinya dalam kelas MotoGP mampu menang.

Pada balapan hari Minggu (14/4/2019) waktu setempat atau Senin dini hari WIB tersebut, Marquez,terjatuh sendiri pada putaran ke sembilan saat menikung terlalu rendah di tikungan 12. Sebelumnya dia tampil sangat meyakinkan dan sangat berpeluang menjadi juara tujuh kali beruntun di sana dengan keunggulan tiga detik lebih dari pembalap terdekat.

Sebelum ini, juara di Austin sejak sirkuit itu menggelar MotoGP pada 2013 adalah Marquez.

Pembalap Repsol Honda itu berjuang keras untuk kembali ke trek, dibantu marshal yang mendorong motornya. Sayangnya, Honda RC213V miliknya tetap tak mau hidup lagi.

Musibah yang menimpa Marquez membuat pembalap Yamaha Valentino Rossi mengambil alih pimpinan. Namun, empat putaran menjelang finis, Rins yang terus menempel ketat akhirnya menemukan celah dan mampu menyalip Rossi.

Rins memang tampak sangat percaya diri di atas motornya dan cukup bersabar menunggu saat yang tepat untuk menyerang, ketika ban motor Rossi sudah sangat aus dan kehilangan akselerasi.

Upaya Rossi menyerang di putaran terakhir juga gagal meskipun dia mampu memangkas jarak dari 0,7 detik menjadi 0,3 detik.

Podium ketiga direbut oleh pembalap Pramac Ducati Jack Miller yang memang tampil konsisten di Austin sejak sesi latihan. Dia praktis sendirian di posisinya sepanjang balapan, dan baru pada putaran terakhir pembalap tim utama Ducati Andrea Dovizioso mampu mendekat.

Meskipun hanya finis keempat, Dovizioso kembali ke puncak klasemen, unggul tiga poin atas Rossi.

Dengan kemenangan pertamanya di MotoGP ini, Rins juga naik ke posisi tiga. Marquez harus melorot ke posisi empat karena gagal mendapatkan poin sama sekali. Empat pembalap teratas itu hanya dipisahkan sembilan poin di klasemen.

Pembalap Yamaha SRT Marco Morbidelli juga meraih hasil bagus dengan finis kelima, sementara mitranya, Fabio Quartararo finis ketujuh. Di antara mereka berdua ada pembalap Ducati Danilo Petrucci.

Pol Espargaro finis kedelapan untuk Red Bull KTM, disusul pembalap Pramac Fransesco Bagnaia.

Melengkapi 10 besar adalah pembalap LCR Honda Takaaki Nakagami, hasil terbaik yang diraih Honda dalam balapan tersebut.

Selain Marquez, sejumlah pembalap top lainnya juga bernasib sial dalam balapan ini. Rekan setimnya, Jorge Lorenzo, mengalami masalah mesin dan harus menghentikan balapan di penghujung lomba.

Pembalap LCR Honda Cal Crutchlow terjatuh di awal balapan, sementara pembalap Yamaha Maverick Vinales kena penalti ride through karena mencuri start atau jump start.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s