Lorenzo Jatuhkan Dovi dan 2 Yamaha, Marquez Juara di Catalunya

Marc Marquez

(MotoGP.com)

Tabrakan berantai jatuhkan empat pembalap utama, gara-gara Lorenzo.

Catalunya – Jorge Lorenzo terlalu ambisius dalam balapan kandangnya di Catalunya, sehingga akhirnya dia terjatuh dan menabrak tiga pembalap lainnya di posisi lima besar sehingga sesama pembalap Repsol Honda, Marc Marquez, menang relatif mudah,  Minggu (16/6/2019).

Peristiwa itu terjadi baru dua putaran balapan berlangsung, ketika Lorenzo mengendus peluang untuk menyalip tetapi terlalu kencang ketika masuk tikungan.

Sesaat sebelum tabrakan berantai terjadi, pemimpin balapan Andrea Dovizioso sedikit melebar dan membuka celah bagi Marquez untuk menyalip. Di belakang mereka berdua, motor Honda yang dibawa Lorenzo ikut menyerobot masuk tikungan, tetapi  terlalu kencang dan dia jatuh sendiri.

Sial bagi Ducati, karena rapatnya jarak, motor Lorenzo menyenggol motor Dovi yang tak pelak langsung tersungkur juga. Hal yang sama menimpa Maverick Vinales yang tertabrak dari samping kiri dan ikut jatuh bersama motor Yamaha miliknya.

Pembalap Yamaha lainnya, Valentino Rossi, mencoba menghindar dengan mengarahkan motor ke luar trek, tetapi sayangnya searah dengan jalur meluncurnya motor Lorenzo. Rossi pun menggilas motror Lorenzo dan terjatuh di pinggir trek.

Bagai Rossi, ini kedua kalinya secara beruntun dia gagal mendapat poin setelah dua pekan lalu jatuh di Mugello.

Kondisi itu membuat Marquez nyaris tak mendapat lawan sepadan dan terus melesat memimpin balapan hingga finis.

Rookie MotoGP Fabio Quartararo tampil brilian untuk finis kedua bagi Yamaha SRT, hasil terbaiknya saat ini, setelah menyalip pembalap Ducati Danilo Petrucci, juara di Mugello, yang harus puas finis ketiga.

Pembalap Suzuki Alex Rins sempat keluar trek dan disalip empat pembalap, tetapi mampu bangkit dan memastikan finis keempat, di depan pembalap Pramac Ducati Jack Miller.

Rookie lainnya, Joan Mir, finis keenam untuk Suzuki, diikuti Pol Espargaro (Red Bull KTM), Takaaki Nakagami (LCR Honda), Tito Rabat (Avintia Ducati), dan Johann Zarco (Red Bull KTM).

Cukup banyak pembalap yang terjatuh atau mengalami kendala mesin dalam Grand Prix Catalunya ini, sehingga hanya 13 pembalap yang mampu masuk garis finis.

Sumber: Fox Sports TV

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s