Vinales Beri Trofi Pertama Yamaha Musim 2019

Maverick Vinales

Maverick Vinales (MotoGP.com)

Akhirnya … Yamaha bisa menang juga.

Assen – Setelah paceklik juara sejak Grand Prix Australia 2018, tim Yamaha akhirnya meraih trofi lewat Maverick Vinales yang memenangi pertarungan segitiga melawan juara dunia Marc Marquez dan rookie Fabio Quartararo di Assen, Minggu (30/6/2019).

Grand Prix Belanda diawali dengan duo Suzuki memimpin start, Alex Rins di depan rekannya Joan Mir. Namun, harapan tinggi tim tersebut buyar setelah Rins jatuh di tikungan 9 putaran ketiga.

Tak lama kemudian, giliran Mir melakukan kesalahan dan membuat pembalap Yamaha SRT Quartararo mampu memimpin, dibuntuti Vinales dan Marquez.

Ketika Vinales melebar, Marquez naik posisi kedua dan terus menekan Quartararo.

Rookie asal Prancis itu terlihat kesulitan dengan motornya, yang terguncang beberapa kali di lintasan lurus, dan Marquez akhirnya mampu menyalipnya di tikungan 6.

Sayangnya, Marquez juga embuat kesalahan tak lama kemudian, sehingga Quartararo kembali terdepan.

Sampai saat itu Vinales masih mengekor Marquez tetapi belum cukup dekat untuk melakukan manuver. Kemudian, satu lagi kesalahan Marquez membuat Vinales mampu mengambil kesempatan dan mulai menyerang Quartararo.

Si pembalap satelit Yamaha masih kesulitan dengan guncangan motornya, sehingga Vinales mampu menyalipnya dengan mudah. Quartararo akhirnya juga tidak berdaya dilibas Marquez dan makin kesulitan menjaga jarak dengan dua lawan di depannya.

Vinales sempat membuat kesalahan yang segera dimanfaatkan Marquez, tetapi cepat kembali memimpin di tikungan 13. Setelah itu dia mampu memperlebar jarak menjadi setengah detik dari si pembalap Honda.

Marquez akhirnya menghentikan perlawanan dan Vinales menyentuh garis finis pertama, kemenangan dia dan Yamaha yang pertama sejak Grand Prix Australia tahun lalu.

Dengan finis kedua, Marquez sudah tujuh kali menapak podium dari delapan balapan dan mampu menambah jarak di puncak klasemen menjadi 44 poin atas pembalap Ducati Andrea Dovizioso.

Quartararo terpaut 9,7 detik dari juara, tetapi masih mampu merebut podium terakhir. Dua kali beruntun dia finis di tiga besar.

Dovizioso finis keempat sementara rekannya Danilo Petrucci disalip pembalap Yamaha SRT Franco Morbidelli di putaran terakhir untuk merebut posisi kelima.

Pembalap LCR Honda Cal Crutchlow finis ketujuh di depan Mir. Jack Miller (Pramac Ducati) berada di urutan sembilan, sementara Andrea Iannone (Apprilia Gresini) di posisi sepuluh.

Valentino Rossi lagi-lagi terjatuh, kali ini akibat tabrakan dengan Takaaki Nakagami di tikungan 8. Si pembalap Jepang harus dibawa ke rumah sakit untuk pemeriksaan medis lebih lanjut.

Sumber: Motorsport.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s